Kamis, 29 Oktober 2015

Bimbel Pertemuan Kedua (23 Oktober 2015) Shift 1

BIMBEL Bersama TFI
"Pengajaran BIMBEL di SDN 14 Pagi Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)"


Kelas                        : LC53
Dosen                       : Zulfahmi, S.H., MA.Hum
Kode Dosen              : D5685
Waktu                       : Jumat, 16 Oktober 2015
Jam                           : 07.30 - 09.00 (90 menit)
Jumlah Peserta          : 19 Orang, yang tidak hadir 5 orang
Lokasi                       : SDN 14 Pagi Palmerah
PIC                            : Ibu Wulan

Anggota yang Hadir :
1. Intan Puspita Sari (1801409486)
2. Dinda Tri Cahyani (1801441013)
3. Febi Cintya (1801380365)
4. Yunivur Sutrin Sudharyanto (1801397422)

dari kiri ke kanan
Intan Puspita Sari,Febi Cintya,Yunivur Sutrin Sudharyanto,Dinda Tri Cahyani
foto di depan kantor Kepala Sekolah SDN 14 Pagi Palmerah.
Dari kiri ke kanan
Dinda Tri Cahyani,Intan Puspita Sari,Yunivur Sutrin Sudharyanto,Febi Cintya
 foto bersama adik-adik kelas IV B
2. Bagian Isi

a. Kegiatan Bimbel ini memiliki tujuan yang berhubungan dengan teori yang diajarkan melalui mata kuliah Character Building Kewarganegaraan.yang dimana kegiatan bimbel ini membuat adik-adik kelas IV B lebih aktif dan lebih bisa percaya diri, dari kegiatan bimbel ini adik-adik akan lebih percaya diri dan tidak takut untuk bertanya kepada Guru yang sementara diwakili oleh kami, dan mereka juga akan lebih berani untuk menjawab pertanyaan yang kami ajukan kepada mereka meskipun jawaban mereka kadang tidak nyambung dengan materi yang diajarkan tapi kami mengajar mereka dengan sabar dan dengan pelan agar mereka dapat mengerti.

Warga Negara merupakan elemen penting bagi sebuah negara karena tanpa warga negara tidak akan pernah terbentuknya suatu negara. Seseorang diakui sebagai warga negara itu sudah dari sejak mereka lahir di negara tersebut dan mereka tinggal di negara tersebut meskipun sah nya seorang warga negara adalah ketika mereka memiliki identitas diri seperti KTP, tapi anak kecil juga bisa dikatakan sebagai warga negara karena mereka lahir dan tumbuh dinegara tersebut. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa Warga negara memiliki hak untuk memiliki pendidikan dan kehidupan yang layak dimana dalam pertemuan ini kesimpulan nya adalah adik-adik IV B tersebut juga merupakan warga negara yang belum dewasa tetapi juga memiliki hak dan kewajiban nya masing-masing.

b. Persiapan yang kami lakukan sebelum mengajar disekolah tersebut adalah kami menentukan waktu berkumpul di kampus kijang untuk berangkat bersama-sama ke sekolahnya, waktu yang kami tentukan adalah seperti biasa paling telat jam 07.00 sudah berada di kampus kijang. Sebelum mengajar kami mempersiapkan hadiah berupa permen bagi adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan dari kami. Pada hari itu kami mengajarkan PKN karena adik-adiknya minta diajarkan PKN tentang Sistem Pemerintahan.

c. Kami mengajar menggunakan metode Classroom tapi kami meminta adik-adiknya untuk membaca materi tersebut terlebih dahulu dan kami mempersiapkan pertanyaan yang akan kami ajukan kepada adik-adiknya. dan kami memberikan 5 pertanyaan yang akan di jawab oleh adik-adiknya.

Hal positif nya adalah adik-adiknya dapat belajar dari apa yang mereka baca dari LKS dan juga adik-adik bisa belajar dari jawaban pertanyaan yang kami berikan.

Hal negatif nya adalah adik-adiknya belum dapat menjawab pertanyaan yang kami ajukan dengan tepat, tapi jawaban mereka sudah sedikit menyinggung jawaban yang benarnya.

d. Survey Eksternal : Hasil survey dihari kedua dari wali kelas IV B adalah tim kami hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan bersama sekolah, tim kami selalu menggunakan atribut Mahasiswa (Jaket Almameter) agar tim kami terlihat lebih rapi, sopan, serta lebih mudah bagi adik-adiknya untuk mengenali kami sebagai kakak yang akan mengajar didepan kelas untuk sementara waktu sampai pertemuan keenam dan semua tim kami mengajarkan adik-adik dengan baik.

Survey Internal : Berdasarkan evaluasi dari setiap kelompok kami dipertemuan kedua ini semua anggota kelompok kami dapat mengerti dan menjadi contoh.di pertemuan kedua ini sama seperti minggu pertama setiap dari kami memiliki displin dan hadir pada tepat waktu dan kami bersikap sopan kepada guru-guru maupun anggota kerja disekolah tersebut.

FORM EVALUASI

Yang mengisi lembar Evaluasi adalah
Wali Kelas IV B
Yang Bertandatangan di Form Evaluasi
 adalah  Kepala Sekolah SD 14  Pagi Palmerah.
3. Bagian Penutup

a. Hasil Kegiatan
  • Perbandingan Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Sebelum Kegiatan
Sesudah Kegiatan
Adik-adik tidak memahami materi Sistem Pemerintahan dan bagaimana Sistem Pemerintahan yang berlaku di Indonesia.
Adik-adik mulai mengerti dan tahu tentang materi tersebut dan bagaimana sistem pemerintahan yang ada di Indonesia.
  • Pencapaian yang dicapai oleh Volunteer.
Adik-adik dapat mengerti tentang Sistem Pemerintahan dari beberapa pertanyaan yang kami berikan. Dan adik-adik berani untuk mencoba menjawab pertanyaan itu tanpa melihat buku meskipun tidak semua yang mereka jawab itu benar tapi kami tetap menghargai dan mengapresiasi karena mereka sudah berani untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan jika yang benar menjawab nya maka kami berikan hadiah permen.

b. Kesimpulan
Dihari kedua ini Kami merasa bahwa bermanfaat juga bagi kami dan bagi adik-adik. Bagi kami kegiatan ini bermanfaat karena dalam kegiataan ini kami bisa mengetahui dan menghadapi kelakuan adik-adiknya mungkin menjadi terbiasa kami menghadapi adik-adiknya dan menjadi pembelajaran begini lah mengawasi dan mengajarkan anak-anak kecil.bagi kelompok kami juga dapat belajar berkomunikasi yang sopan dan bertutur kata yang baik bagi adik adiknya dan mereka dapat menguasai dan lebih mengerti apa yang kita ajarkan.

c. Next to do:
Kami akan belajar lebih baik lagi dalam memberikan adik-adik pertanyaan yang tidak terlalu sulit untuk di jawab oleh adik-adiknya.

Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar