Rabu, 21 Oktober 2015

Bimbel Pertemuan Pertama (16 Oktober 2015)


BIMBEL Bersama TFI
"Pengajaran BIMBEL di SDN 14 Pagi Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)"


Kelas                            : LC53
Dosen                           : Zulfahmi, S.H., MA.Hum
Kode Dosen                 : D5685
Waktu                          : Jumat, 16 Oktober 2015
Jam                              : 07.30 - 09.00 (90 menit)
Jumlah Peserta             : 19 Orang, yang tidak hadir 5 orang
Lokasi                          : SDN 14 Pagi Palmerah
PIC                              : Ibu Wulan

Anggota yang Hadir :
1. Intan Puspita Sari (1801409486)
2. Dinda Tri Cahyani (1801441013)
3. Febi Cintya (1801380365)
4. Yunivur Sutrin Sudharyanto (1801397422)

Maaf adik-adik di dalam foto ini sedikit terpotong dikarenakan kami menggunakan meja sebagai alas untuk fotonya, dan untuk foto di depan papan nama sekolah menyusul.
Dari Kiri ke Kanan :
Intan Puspita Sari, Febi Cintya, Yunivur Sutrin Sudharyanto, Dinda Tri Cahyani






2. Bagian Isi

a. Kegiatan Bimbel ini memiliki tujuan yang berhubungan dengan teori yang diajarkan di kelas melalui mata kuliah Character Building Kewarganegaraan. Yang dimana dalam kegiatan Bimbel ini adik-adik kelas IV B dapat belajar untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan seperti saat kami memberikan latihan kepada mereka dan mereka memiliki kewajiban untuk mengerjakan latihan itu sendiri serta mereka memiliki hak untuk bertanya kepada kami jika mereka belum mengerti dan mereka tidak boleh memberikan contekan kepada teman-teman nya.
    Pendidikan merupakan aspek penting yang harus di lalui sebagai seorang warga negara yang dimana pendidikan menyediakan pengetahuan dasar, keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan untuk menjadi warga negara yang baik. Dalam kegiatan Bimbel bersama TFI ini kami mencoba untuk mengajarkan adik-adik tersebut untuk mengerti bagaimana bertanggung jawab dan mengapa pendidikan itu penting bagi mereka sebagai penerus Bangsa Indonesia.

b. Persiapan yang kami lakukan sebelum mengajar di sekolah tersebut adalah pada hari jumat minggu sebelum nya (09 Oktober 2015) kami datang kesekolah untuk bertemu dengan wali kelas IV B (Ibu IIN) untuk menanyakan materi apa yang akan kami ajarkan kepada adik-adik tersebut. Setelah mengetahui materi yang akan kami ajarkan adalah KPK dan FPB dan kami diberikan buku panduan berupa LKS kelas IV SD. Kami mulai mempelajari materi itu masing-masing sampai pada hari kamis pagi kami berkumpul untuk membahas apa yang kami pelajari. Kami belajar melalui buku LKS dan tambahan dari internet. Sebelum mengajar kami menentukan waktu berkumpul di kampus kijang untuk pergi bersama-sama ke sekolah nya, waktu yang kami tentukan adalah paling telat jam 07.00 sudah berada di kampus kijang.

c. Kami mengajar menggunakan metode Classroom dimana satu orang mengajar di depan kelas dan yang lain mendampingi adik-adik untuk mengerti apa yang diajarkan di depan kelas serta kami memberikan beberapa latihan soal yang harus mereka kerjakan.
Hal Positif nya adalah materi yang kami sampaikan kepada adik-adik nya sama, dan kami bisa lebih sabar menghadapi adik-adik yang susah di atur.
Hal yang masih kurang baik adalah adik-adik nya kurang memperhatikan apa yang di ajarkan didepan serta mereka masih kurang memahami tentang perkalian dan pembagian dasar.

d. Survey Eksternal : Berdasarkan hasil survey dari Wali kelas IV B Tim kami hadir sesuai dengan jadwal yang di tentukan, Tim kami berlaku sopan dan santun, Tim kami menggunakan atribut Mahasiswa (jaket almameter), Tim kami menggunakan pakaian yang sopan, dan Semua tim kami menjalankan tugas dengan baik.

Survey Internal : Berdasarkan evaluasi dari setiap anggota kelompok kami dipertemuan pertama ini semua anggota kelompok dapat menjadi contoh, karena setiap dari kami memiliki displin waktu yang baik dimana kami hadir tepat pada waktunya, dan sikap kami kepada guru-guru disekolah tersebut baik.

FORM EVALUASI

Yang mengisi lembar evaluasi adalah
Wali Kelas IV B.
Yang Bertandatangan di form evaluasi
adalah Kepala Sekolah SDN 14 Pagi.


3. Bagian Penutup

a. Hasil Kegiatan
  • Perbandingan Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Sebelum Kegiatan
Sesudah Kegiatan
Adik-adik belum terlalu memahami tentang pohon faktor.
Adik-adik mulai mengerti tentang pohon faktor.
Interaksi antara kelompok kami dan adik-adiknya kurang.
Adik-adik mulai menyenangi kehadiran kami disekolah tersebut.
  • Pencapaian yang di capai oleh Volunteer
Adik-adik dapat lebih mengerti tentang FPB yang kami ajarkan menggunakan metode pohon faktor. Dan mereka dapat lebih berani untuk bertanya kepada kami semua. 

b. Kesimpulan
Kami merasa bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi kami dan bagi adik-adik nya. Bagi kami kegiatan ini berguna karena dalam kegiatan ini kami bisa belajar lagi untuk menghadapi kelakuan anak-anak kecil dan kami dapat meningkatkan skill kami dalam berbicara di depan orang banyak dengan bahasa yang sopan, serta kerjasama antar team. Sedangkan bagi adik-adiknya mereka bisa mengenal banyak orang dan mereka dapat belajar dengan beda-beda orang (Guru dan Kelompok kami) dengan sistem belajar yang sedikit berbeda dari biasanya.

c. Next to do
Kami akan membantu adik-adik tersebut untuk lebih memahami dan mengerti tentang perkalian serta pembagian dasar.


Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar