Sabtu, 07 November 2015

Bimbel Pertemuan Kelima (06 November 2015)

BIMBEL Bersama TFI
"Pengajaran BIMBEL di SDN 14 Pagi Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)"


Kelas                            : LC53
Dosen                           : Zulfahmi, S.H., MA.Hum
Kode Dosen                 : D5685
Waktu                          : Jumat, 06 November 2015
Jam                              : 07.30 - 09.00 (90 menit)
Jumlah Peserta             : 22 Orang, yang tidak hadir 2 orang
Lokasi                          : SDN 14 Pagi Palmerah
PIC                              : Ibu Wulan

Anggota yang Hadir :
1. Intan Puspita Sari (1801409486)
2. Dinda Tri Cahyani (1801441013)
3. Febi Cintya (1801380365)
4. Yunivur Sutrin Sudharyanto (1801397422)


Foto dari kanan ke kiri
Dinda Tri Cahyani, Intan Puspita Sari, Febi Cintya,
Yunivur Sutrin Sudharyanto dan yang ditengah 
adalah Ibu Iin (Wali Kelas dari IV B)
Foto tim kami bersama Ibu Iin (wali kelas IV B)
dan adik-adik kelas IV B.

2. Bagian Isi

a. Kegiatan bimbel ini memiliki tujuan berhubungan yang diajerkan melalui mata kuliah Character Building Kewarganegaraan, mata kuliah ini mengajarkan bagaimana kami bersosialisasi yang baik untuk adik-adik kelas IV B, untuk metode dalam pembelajaran ini tidak terlepas dari tanya jawab dan latihan, pembelajaran ini digunakan untuk melatih adik-adik untu mandiri dan tidak malu bertanya,tujuan utama pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan,sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan selain itu bertjuan untuk meningkatkan kualitas yang berbudi luhur,kepribadian ,mandiri,maju,tangguh,profesional,bertanggung jawab,dan produkktif serta sehat jasmani dan rohani.

b. Persiapan yang kami lakukan sebelum mengajar disekolah tersebut adalah sama seperti minggu sebelumnya, kami berkumpul di kampus kijang dengan waktu yang telah kami sepakati yaitu paling telat jam 07.00. Sebelumnya kami sudah mempelajari apa yang akan kami ajarkan kepada adik-adiknya sebelum kami mengajar. Pelajaran yang akan kami ajarkan kepada adik-adiknya adalah matematika tentang Satuan Berat. Setelah semua datang tepat waktu pada jam yang kami tentukan kami berangkat ke sekolah itu untuk mengajar.

c. Kami mengajar menggunakan metode Classroom dimana dalam metode ini kami meminta adik-adiknya mengingat urutan satuan berat yang sudah mereka pelajari di kelas III dulu, setelah semua mulai mengingat nya kami mulai menuliskan dipapan tulis dan meminta mereka untuk melihat masing-masing di lks mereka yang terdapat urutannya dan kami menjelaskan setiap turun 1 tangga dikali 10 setiap naik 1 tangga dibagi 10 dll. Hingga akhirnya mereka mulai mengerti kami memberikan 5 soal latihan untuk mereka kerjakan, dan dengan soal itu mereka mengerti untuk mengerjakannya tapi ada beberapa anak yang belum mengerti karena mereka tidak mengerti perhitungan perkalian dan pembagian dasar jadi sedikit menyulitkan mereka untuk mengerjakan nya, tapi bagi anak-anak yang belum mengerti kami menggunakan metode mentoring kepada beberapa adik-adik nya.

Hal Positifnya adalah kami merasa metode yang kami berikan seperti diatas itu sudah lebih baik agar adik-adiknya dapat belajar terlebih dahulu (dengan mengingat) dan lebih cepat untuk mengerti pelajaran nya.
Hal Negatifnya adalah dengan metode ini terkadang jika kami meminta adik-adiknya untuk maju ada beberapa yang tidak mau maju dan juga jika teman nya maju di depan adik-adik yang lain kadang bandel dan tidak mau diam.

d. Survey Eksternal :  Berdasarkan hasil survey dari Wali kelas IV B tim kami hadir sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tim kami berlaku sopan dan santun, Tim kami menggunakan atribut mahasisswa (jaket almameter) ketika di dalam sekolahan serta tim kami menggunakan pakaian yang sopan, dan semua tim kami menjalankan tugas dengan baik.

Survey Internal : Berdasarkan evaluasi kami dari pertemuan kelima ini adalah kami sudah mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah tersebut dan bagi adik-adiknya, serta kami juga sadar tidak mudah menjadi seorang guru yang mengajar didepan kelas sendirian dan kadang tidak diperdulikan oleh murid-muridnya. Kami merasa beruntung bisa diberikan kesempatan disekolah tersebut untuk merasakan menjadi seorang guru.


FORM EVALUASI

Form ini di isi oleh ibu Iin selaku wali kelas IV B
Form ini ditandatangani oleh bapak Ariyanto
selaku kepala sekolah.
3. Bagian Penutup

a. Hasil Kegiatan
  • Perbandingan Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Sebelum Kegiatan
Sesudah Kegiatan
Adik - adik masih belum lancar antara naik turun tangga dibagi atau dikali.
Adik adik mulai memahami turun naik tangga yg dipahaminya.
  • Pencapaian yang dicapai oleh Volunteer
Beberapa adik-adik mulai memahami naik turun tangga setiap naik 2 langkah dibagi 100 dan setiap turun tangga 3 langkah dikalikan 1000 , adapun beberapa yang tidak mengerti dan adik-adik mulai berani untuk bertanya pada kami yang mana yang tidak bisa , walaupun adik-adik tidak bisa diandelin tapi meraka mau berusaha untuk bisa seperti teman-teman yg lain, dikit demi sedikit adik-adik mulai mengerti.

b. Kesimpulan
Kami dapat memahami dari bimbingan belajar kami dalam proses mengajar sesuai usaha kai semasimal mungkin untuk membuat adik-adik memahami apa yang kami ajarkan, dan kami dapat memahami  fungsi dari bimbel ini untuk membantu adik-adik dalam menyelesaikan kesulitan yg kurang dipahami oleh adik-adik, dan mungkin kami dapat membantu dalam memahami tingkah laku orang lain,dan juga membantu adik-adik supaya hidup dalam kehidupan yang seimbang antara aspek fisik, mental dan sosial.

c. Next to do
Kami akan lebih sabar lagi dalam menghadapi adik-adiknya dan kami akan mencoba untuk membawakan materi tersebut dengan metode yang berbeda.

Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar