Selasa, 03 November 2015

Bimbel Pertemuan Keempat (30 Oktober 2015)

BIMBEL BERSAMA TFI
"Pengajaran BIMBEL di SDN 14 Pagi Palmerah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia(TFI)"



Kelas                          : LC53
Dosen                         : Zulfahmi,S.H., MA.Hum
Kode Dosen               : D5685
Waktu                         : Jumat, 30 oktober 2015
Jam                             : 07.30 - 09.00 (90 menit)
Jumlah Peserta           : 21 orang, yang tidak hadir 3 orang
Lokasi                        : SDN 14 Pagi Palmerah
PIC                             : Ibu Wulan

Anggota yang hadir : 
1.  Intan Puspita Sari (1801409486)
2.  Dinda Tri Cahyani (1801441013)
3.  Febi Cintya (1801380365)
4. Yunivur Sutrin Sudharyanto (1801397422)

2. Bagian Isi

a.  Kegiatan Bimbel ini memiliki tujuan yang berhubungan dengan teori yang diajarkan melalui mata kuliah Character Building Kewarganegaraan. Mata kuliah character building ini seperti mengajarkan kita bagaimana cara berani memberikan pendapat didepan umum dan tidak malu untuk mengeluarkan pendapat mereka untuk menjadi warga negara yang berkarakter baik, bertanggung jawab, dan trampil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa kedepannya sesuai UUD 1945 dan Pancasila.
Dimana dalam kegiatan Bimbel ini kami dan adik-adik semuanya dapat belajar untuk berani mengeluarkan pendapat dan bertanggung jawab atas pendapat mereka. Kegiatan ini juga membentuk kepribadian kami dan adik-adik semua menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan berani mengungkapkan pendapat dan berbicara sopan didepan orang lain. Karena pendidikan merupakan pengetahuan dasar yang dibutuhkan oleh kita sebagai warga negara untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

b.  Persiapan yang kami lakukan sebelum mengajar di sekolah tersebut adalah kami berkumpul terlebih dahulu dikampus kijang sebelum kami mengajar. Seperti biasa kami berkumpul pada jam yang sudah ditentukan waktu paling telat jam 07.00. Pada saat sedang berkumpul kami mendiskusikan materi apa yang akan dibawakan. Setelah berdiskusi kami akan membawakan materi Matematika tentang Satuan Waktu. Setelah kami berkumpul semua di kampus kijang, kami mulai berjalan menuju sekolah untuk megajar.

c.  Kami mengajar menggunakan metode Classroom sebelumnya kami meminta adik-adiknya untuk membaca materi tersebut terlebih dahulu dan kami mempersiapkan pertanyaan yang akan kami ajukan kepada adik-adiknya dan kami memberikan 5 pertanyaan yang akan di jawab oleh adik-adiknya. Hal positifnya adalah kami mengajari adik - adiknya dengan menjelaskan perlahan - lahan kemudian mereka mulai mengerti tentang materi tersebut. Hal negatifnya adalah adik - adiknya masih kurang untuk memperhatikan materi yang dijelaskan didepan.

d. Survey Eksternal : Berdasarkan hasil survey dari Wali kelas IV B Tim kami hadir sesuai dengan jadwal yang di tentukan, Tim kami berlaku sopan dan santun, Tim kami menggunakan atribut Mahasiswa (jaket almameter), Tim kami menggunakan pakaian yang sopan, dan Semua tim kami menjalankan tugas dengan baik.


Survey Internal : Hasil survey dihari keempat dari wali kelas IV B adalah tim kami hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan bersama sekolah, tim kami selalu menggunakan atribut Mahasiswa (Jaket Almameter) agar tim kami terlihat lebih rapi, sopan.

FORM EVALUASI
Yang Bertandatangan di form evaluasi adalah
Kepala Sekolah SDN 14 Pagi
Yang mengisi lembar evaluasi adalah
Wali Kelas IV B.
3.   Bagian Penutup
a. Hasil Kegiatan
Perbandingan Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Sebelum Kegiatan
Sesudah Kegiatan
Adik adik belum mengerti tentang Satuan Waktu
Adik adik sudah mulai mengerti tentang Satuan Waktu yang kami ajarkan
Pencapaian yang di capai oleh Volunteer
Adik-adik dapat lebih mengerti tentang Satuan Waktu yang kami ajarkan Dan mereka dapat lebih berani untuk bertanya kepada kami semua. 

b. Kesimpulan
Kami merasa bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi kami dan bagi adik-adik nya. Bagi kami kegiatan ini berguna karena dalam kegiatan ini kami bisa belajar lagi untuk menghadapi kelakuan anak-anak kecil dan kami dapat meningkatkan skill kami dalam berbicara di depan orang banyak dengan bahasa yang sopan, serta kerjasama antar team. Sedangkan bagi adik-adiknya mereka bisa mengenal banyak orang dan mereka dapat belajar dengan beda-beda orang (Guru dan Kelompok kami) dengan sistem belajar yang sedikit berbeda dari biasanya.

c. Next to do
Kami akan membantu adik-adik tersebut untuk lebih memahami dan mengerti tentang materi yang akan diajarkan.

sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar